SISI POSITIF PERJALANAN JIHAD

 

Oleh : Syaikh Athiyyatullah Al-Libiy

 

Pertanyaan yang diajukan seseorang kepada Syaikh Athiyatullah Al-Libiy tentang pandangan beliau atas perjalanan jihad kontemporer secara umum, serta sisi positif dan negatifnya. Dan syaikh pun menjawab:

"Bismillaahirahmaanirrahim, segala puji bagi Allah serta shalawat dan salam kepada junjungan kita Rasulullah serta para sahabat beliau dan yang mengikutinya…

Hal ini sebagaimana pandangan saya, bahwa pergerakan jihad kedepannya semakin terlihat menuju peningkatan dan kemajuan yang pesat, ini adalah pandangan secara umumnya.meskipun dalam perjalanannya mengalami luka dan kesulitan akan tetapi cita2nya yang besar, dan usaha terus menerus untuk mematangkannya serta pertolongan dan takwa akan semakin menyempurnakannya.

Kita berbicara tentang  gerakan jihad kontemporer , terutama setelah serangan 11 September dan seandainya kami disuruh menjelaskan pendapat kami tentang sisi positif dan negatifnya maka dapat kami sebutkan bahwa sisi positif yang dihasilkan adalah: Disini terjadi pergeseran kearah yang lebih baik terutama untuk kepentingan Islam dan kaum muslimin dalam hal hubungan yang mengatur kehidupan masyarakat dalam artian hubungan yang mengatur antara islam dan kafir serta kaum muslimin dan orang-orang kafir, dimana hubungan ini berjalan dengan baik dan dibangun diatas prinsip wala’ dan baro’ dengan sebab keimanan sehingga kecintaan dan permusuhan yang terjadi semata karena Allah dan karena sebab agama sehingga penilaian segala sesuatu baik berkenaan dengan manusianya atau yang lainnya selalu berdasarkan kepada agama,  hal ini berarti mengembalikan agama sebagai tolok ukur dalam mengatur hubungan antar sesama manusia.

Keadaan seperti ini paling tidak telah seabad ini hilang dan digantikan (didominasi) dengan teori-teori yang mengatur hubungan antar manusia dengan cara-cara kafir dan sesat seperti nasionalisme, patriotisme dan isme-isme yang lain yangg semisal itu, dan hal ini juga terjadi karena gencarnya serangan barat melalui Ghozwul fikrinya (perang pemikiran) terhadap dunia islam serta pemutarbalikan fakta sejarah dari ummat islam.

Akan tetapi, hari ini ummat telah bangkit dan terus beranjak maju dan gerakan jihad mempunyai peran yang besar dalam pencapaian hal ini (dengan karunia Allah SWT), yakni dalam mengembalikan segala urusan sesuai dengan yang seharusnya (berdasar agama) dan peristiwa 11 September tidak diragukan lagi merupakan titik awal yang sangat penting yang berpengaruh dalam berubahnya kecenderungan ummat kepada aturan islam. Dan dari sisi lain gerakan jihad justru bisa mengambil manfaat yang besar dengan adanya perubahan ini, dan perubahan ini sekaligus menjadi penolong bagi manhaj dan dakwahnya (gerakan jihad) dan ini sangat jelas!! Kiranya hal inilah yang menurut saya sebagai sisi positif yang paling penting.

Sebagian hasil lain dari adanya perubahan ini adalah berbondong-bondongnya manusia masuk kedalam agama Allah (ber-Islam) sebagaimana dibuktikan oleh data statistik yang telah banyak dipublikasikan, dan juga yang menunjukkan hasil dari perubahan ini adalah semakin banyaknya manusia yang membahas tentang islam, mengenalnya, mempelajarinya dan kemudian memahaminya. Dan orang-orang juga melihat bahwa mereka yang masuk ke dalam islam dari orang-orang kafir, orang-orang yang bersimpati dengan ajaran islam serta para pemuda yang kembali kepada ajaran Allah banyak terjadi setelah peristiwa serangan 11 September, dan semoga ini akan terus meningkat dimasa yang akan datang, segala puji bagi Allah SWT.

Hal positif lainnya adalah semakin naiknya harga diri ummat, berdenyutnya nadi kekuatan, kebanggaan, kemuliaan, keagungan dan keberanian ummat, termasuk didalamnya munculnya generasi pemikul bendera (islam), dan kami hari ini dengan rahmat Allah SWT tidaklah mencemaskan tentang bendera kami, bahkan kami yakin bahwa bendera kami tidak akan pernah hilang, tidak akan pernah jatuh karena ketika gugur satu pemikulnya akan digantikan posisinya oleh pemikul bendera yang lain, dan Allah SWT menguatkan agama ini dengan kekuatan yang menakjubkan!! Suatu hal yang benar bahwa Allah akan menolong agama ini, dan meninggikan kalimatnya meskipun orang-orang kafir tidak menyukainya serta jihad akan terus berlangsung sampai hari kiamat dan agama islam ini akan pasti akan menemuinya sebagaimana ditemuinya siang dan malam,baik dengan kemuliaan orang-orang mulia atau dengan kerendahan orang-orang rendah…akan tetapi untuk itu semua ada sebab/alasannya dan kita disini membicarakan tentang sebab/alasan yang tepat guna mencapainya. Diantara sebab itu adalah tersedianya biaya yang besar untuk melakukan jihad, dimana ketika dibuka arena jihad dan tersedianya kesempatan untuk itu maka anda akan melihat jumlah yang tak terbayangkan dari kalangan pemuda islam yang menyambutnya sehingga kami tidak merasakan adanya kekurangan untuk hal tersebut, alhamdulillah.akan tetapi kekhawatiran kami adalah mengarahkan, meluruskan dan membenarkan jihad ini dengan bantuan daya dan upaya dari Allah SWT.

Dan ini, meski semua upaya yang dilakukan guna menghalangi dan menjauhkan (dari jihad) yang justru banyak dilakukan oleh kaum kita (muslimin sendiri) semoga Allah menunjuki mereka, dan secara umum juga kurang fahamnya kebanyakan ulama dalam masalah ini (atau bahkan ikut serta dalam menghalangi) sebagaimana nanti akan kita bahas pada tempatnya, insyaa Allah. Dan meskipun gencarnya gelombang fitnah dari musuh, semoga Allah membinasakan mereka. Ini semua merupakan hal yang menakjubkan jika kita mau memperhatikannya… wallahu muwaafiq. Sisi positif lainnya yang didapatkan adalah adanya pembersihan besar-besaran dan ujian yang dengannya Allah memisahkan/menyisihkan manusia, dan alhamdulillah..sebagaimana firman Allah..

“Allah sekali-kali tidak akan membiarkan orang-orang yang beriman dalam keadaan kamu sekarang ini, sehingga Dia menyisihkan yang buruk (munafik) dari yang baik (mukmin). Dan Allah sekali-kali tidak akan memperlihatkan kepada kamu hal-hal yang ghaib, akan tetapi Allah memilih siapa yang dikehendaki-Nya di antara rasul-rasul-Nya. Karena itu berimanlah kepada Allah dan rasul-rasulNya; dan jika kamu beriman dan bertakwa, maka bagimu pahala yang besar.” (Ali Imron 179 ).

Yakni dari keadaan kaum mukminin yang selalu mendapatkan ampunan (bisa juga yang selalu lari/terkalahkan) dan bercampurnya kaum mukminin dengan kaum munafikin dan orang-orang sholeh dengan para perusak dan pengkhianat, dan yang lebih dari semua itu adalah tersingkapnya keadaan kaum munafik dan kaum zindik dari para thoghut pengkhianat yang berwali kepada musuh-musuh Allah, Allah bongkar keadaan mereka dan menjelaskan kekafiran mereka dan pemerangan (permusuhan) mereka pada Allah dan RasulNya serta agama Allah dengan bentuk yang sangat nyata/jelas. Dan Gerakan Jihad islam masa kini – Alhamdulillah – menjadi semakin matang, semakin lurus dan semakin sempurna dan juga menjadikanya lebih punya pengalaman baru yang bermanfaat, serta terakumulasi pada gerakan jihad ini berita2 ilmiyah, amaliyah dan sejarah serta mempersembahkan para syauhada’. Dan ini merupakan model serta panutan yang sangat baik, dan semua ini dengan izin Allah menjadi pertanda kebaikan dan kemenangan.. wallahu muwaafiq. Dan masih banyak lagi segi positif yang terdapat pada gerakan jihad masa kini, terlebih setelah peristiwa 11 September, dan kami mencukupkan dengan ini karena ini sebagian hal yang dianggap paling penting. Waallahu A’lam

 

Bersambung…

Tinggalkan Balasan

Muqawamah Media adalah fasilitator antara umat dengan para Pemimpin dan Ulama mereka. Muqawamah Media akan berusaha menghubungkan pesan, arahan, dan nasehat-nasehat dari para Ulama dan Pemimpin umat tersebut kepada umatnya.

Email: [email protected]

Newsletter

Bagi kaum muslimin yang hendak menyalurkan donasi, dapat transfer ke rekening berikut :